Minggu, 11 September 2011

Soal-Soal Manajemen Sumber Daya Alam bab Peranan Strategis Manajemen Sumber Daya Manusia


1.    Sebutkan fungsi-fungsi dasar yang dilakukan oelh semua manajer dalam proses manajemen?
-          Perencanaan,pengorganisasian,penyusunan staff,kepemimpinan,pengendalian.
2.    Apa yang dimaksud dengan Manajemen Sumber Daya Alam?
-          Proses memperoleh,melatih,menilai,dan memberikan kompensasi kepada karyawan,memerhatikan hubungan kerja mereka,kesehatan,keamanan,dan masalah keadilan.
3.    Apa yang dimaksud dengan otoritas?
-         Hak untuk membuat keputusan,untuk mengarahkan pekerjaan orang lain,dan memberikan perintah.
4.    Sebutkan dan jelaskan 3 fungsi berbeda dimana saat manajer SDM membutuhkan bantuan,pengetahuan khusus,dan saran dari seorang staf sumber daya manusia!
-         Fungsi lini : mengarahkan aktivitas karyawan dalam divisinya sendiri dan area pelayanan yang terkait.
-         Sebuah fungsi koordinatif : mengoordinasikan aktivitas personalia,kewajiban yang sering dianggap sbg control fungsional.
-         Fungsi staff : manajer SDM membantu dala membuat dan menerapkan strategi perusahaan dengan menolong CEO memahami dengan lebih baik aspek-aspek personalia dari pilihan-pilihan strategis perusahaan.
5.    Apa yang dimaksud dengan Globalisasi yang meluas?
-         Meningkatkan persaingan, dan meningkatnya persaingan yang berarti lebih kuat dorongan untuk menjadi “kelas-dunia”untuk menekan biaya, untuk membuat karyawan lebih produktif,dan menemukan cara-cara baru untuk melakukan segala hal dengan lebih baik dan tidak terlalu mahal.
6.    Apa yang dimaksud dengan strategi?
-         Rencana jangka panjang perusahaan untuk menyeimbangkan kekuatan  dan kelemahan internalnya dengan kesempatan dan ancaman eksternal dalam mempertahankan keuntungan kompetitif.
7.    Mengapa para manajer sering menggunakan Kartu Nilai SDM untuk mengukur efektivitas dan efisiensi fungsi SDM dalam menghasilkan perilaku karyawan dan dalam pencapaian tujuan strategis perusahaan?
-         Karena Kartu Nilai SDM menunjukkan standar kuantitatif, atau”metric”yang digunakan perusahaan untuk mengukur aktivitas SDM dan untuk mengukur perilaku karyawan yang merupakan hasil dari aktivitas ini,serta mengukur hasil yang berhubungan dengan perusahaan yang relevan secara strategis dengan perilaku karyawan.
8.    Sebutkan secara spesifik Sistem SDM pada perusahaan berkinerja !
-         Membangkitkan lebih banyak pelamar pekerjaan, penyaringan calon dengan lebih efisien,menghasilkan pelatihan yang lebih banyak dan lebih baik, mata rantai pembayaran lebih eksplisit terhadap kinerja, dan menghasilkan lingkungan kerja yang lebih aman.
9.    Mengapa seorang manajer SDM membutuhkan keahlian kepemimpinan?
-         Karena manajer butuh kemampuan untuk bekerja dengan dan memimpin grup manajemen,dan untuk mengarahkan perubahan yang dibutuhkan serta tetap mampu memperbarui dan mengaplikasikan semua teknologi dan praktik-praktik yang mempengaruhi profesi mereka.
10.                       Apa yang dimaksud dengan standart pengukuran?
-         Satu set pengukur prestasi kuantitatif yang digunakan para manajer SDM untuk menilai kegiatan mereka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar